ISO 9001

ISO 9001

Persyaratan ISO 9001 : 2008 dan ISO 9001:2015 merupakan dasar untuk semua sistem manajemen mutu, dengan kata lain, untuk semua standar sistem manajemen. ISO 9001 : 2008 dan ISO 9001 : 2015 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu di mana suatu organisasi :

• Perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan, perundangan dan peraturan yang berlaku, dan
• Bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan yang efektif dari sistem, termasuk proses untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem dan jaminan kesesuaian dengan pelanggan dan perundangan serta peraturan yang berlaku.

Semua persyaratan ISO 9001 : 2008 dan ISO 9001 : 2015 adalah generik dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada semua organisasi, terlepas dari jenis, ukuran dan produk yang disediakan.

Manfaat Sertifikasi ISO 9001 :
• Tindakan korektif paling efektif dilakukan pada saat defect terjadi atau rata-rata defect menurun.
• Prosedur terdokumentasi yang sistematis merupakan kunci untuk aktivitas organisasi
• Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan penjualan & pendapatan
• Mengurangi masalah & kegagalan dalam layanan atau kualitas produk
• Lebih cepat memberikan informasi, jika terjadi kesalahan dalam proses
• Menghilangkan banyak masalah karena memahami bagaimana melakukan pencegahan
• Pengendalian manajemen dan pelaporan yang lebih baik